Kenali Permasalahan Pada Service AC

Tinggal di negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia memang dinilai perlu untuk memiliki mesin pendingin seperti AC (Air Conditioner). Sehingga tak heran jika penggunaan AC saat ini sudah marak, tak hanya bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan saja, namun juga bagi mereka yang tinggal jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota.

Freon AC hanya sebagai pemenuhan kebutuhan, memiliki AC juga dipandang sebagai gaya hidup tersendiri yang tak bisa diabaikan, terutama jika musim kemarau tiba. AC dapat menjadi solusi ketika kita merasa kepanasan dengan teriknya sinar matahari di luar ruangan. Namun perlu diketahui, bahwa sama seperti barang elektronik lainnya, AC juga dapat mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik.

Pendingin yang satu ini selalu mampu menyuguhkan suhu yang sejuk dan dingin di dalam rumah. Namun ada hal yang perlu dikhawatirkan, tingkat kesejukan yang diberikan AC akan menurun seiring berjalannya waktu selama AC digunakan setiap hari. Hal ini lah yang menjadi alasan kenapa Anda sudah seharusnya merawat AC yang dimiliki agar kinerja AC tetap terjaga dengan awet dan memberikan performa terbaik.Berikut ini beberapa permasalahan yang biasanya sering terjadi pada AC sehingga mengharuskan adanya service AC untuk memperbaiki komponen yang rusak.

1. AC tidak mengeluarkan suhu dingin secara optimal
Permasalahan yang satu ini bisa dibilang sering terjadi pada kebanyakan mesin pendingin atau AC. Suhu yang dikeluarkan tidak optimal bisa disebankan oleh berbagai hal, seperti komponen AC yang kotor, filter AC kotor dan jarang dibersihkan, jumlah freon dalam AC tidak mencukupi kebutuhan AC untuk bekerja secara optimal, kompressor yang ada sudah lemah atau bahkan ridak berfungsi, ukuran PaardeKracht (PK) AC tidak sesuai dengan ukuran ruangan, sehingga AC harus bekerja ekstra untuk meninginkan ruangan.

2. AC bocor
Permasalahan ini sama seperti permasalahan perta, tak jarang terjadi pada AC. Kebocoran AC biasanya dikarenakan oleh dua hal berikut ini:
a. Kotoran yang masuk melalui udara terkumpul serta menyumbat saluran (pipa) pembuangan air ke luar ruangan. Jika hal ini terjadi, air akan tergenang di dalam tabung penampung unit ruangan, kemungkinan yang lebih parah dapat terjadi ketika genangan air tersebut mengalir dan jatuh mengenai peralatan yang ada di bawahnya.
b. Pipa AC mengalami keretakan atau bahkan pecah, sehingga kebocoran tidak dapat dihindari. Apabila hal ini terjadi segera hubungi teknisi penyedia jasa service AC.

3. Suara AC berisik
Jika AC Anda mulai mengeluarkan suara berisik, lebih berisik dari biasanya, maka segera kenali penyebab suara tersebut. Karena jika dibiarkan terlalu lama, selain mengganggu pendengaran, suara yang ditimbulkan juga akan berakibat fatal bagi AC. Bunyi ini biasanya disebabkan oleh karet dudukan kompresor yang sudah mulai habis, banyaknya baud pada AC yang kendor atau bahkan lepas, karet stabilizer, kompressor, atau motor fan sudah rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *